Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BENTUK-BENTUK PESAN


Bentuk-bentuk pesan


Komunikasi dalam kehidupan manusia terasa sangat penting, karena dengan komunikasi dapat menjembatani segala bentuk ide yang akan disampaikan seseorang. Dalam setiap melakukan komunikasi unsur penting diantaranya adalah pesan, karena pesan disampaikan melalui media yang tepat, bahasa yang di mengerti, kata-kata yang sederhana dan sesuai dengan maksud, serta tujuan pesan itu akan disampaikan dan mudah dicerna oleh komunikan. Selain hal tersebut di atas, pesan juga dapat dilihat dari segi bentuknya. Menurut A.W. Widjaja dan M. Arisyk Wahab terdapat tiga bentuk-bentuk pesan yaitu :

A .  Informatif

Yaitu untuk memberikan keterangan fakta dan data kemudian komunikan mengambil kesimpulan dan keputusan sendiri, dalam situasi tertentu pesan informatif tentu lebih berhasil dibandingkan persuasif.

B.   Persuasif

Yaitu berisikan bujukan yakni membangkitkan pengertian dan kesadaran manusia bahwa apa yang kita sampaikan akan memberikan sikap berubah. Tetapi berubahnya atas kehendak sendiri. Jadi perubahan seperti ini bukan terasa dipaksakan akan tetapi diterima dengan keterbukaan dari penerima.
C.   Koersif
Menyampaikan pesan yang bersifat memaksa dengan menggunakan sanksi-sanksi bentuk yang terkenal dari penyampaian secara inti adalah agitasi dengan penekanan yang menumbuhkan tekanan batin dan ketakutan dikalangan publik. Koersif berbentuk perintah-perintah, instruksi untuk penyampaian suatu target.
(Widjaja & Wahab)
Pesan dapat dimengerti dalam tiga unsur yaitu kode pesan, isi pesan dan wujud pesan.
1.     Kode pesan adalah sederetan simbol yang disusun sedemikian rupa sehingga bermakna bagi orang lain. Contoh bahasa Indonesia adalah kode yang mencakup unsur bunyi, suara, huruf dan kata yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai arti.
2.     Isi pesan adalah bahan untuk atau materi yang dipilih yang ditentukan oleh komunikator untuk mengomunikasikan maksudnya.
3.     Wujud pesan adalah sesuatu yang membungkus inti pesan itu sendiri, komunikator memberi wujud nyata agar komunikan tertarik akan isi pesan didalamnya. (Siahaan).
(Sumber tulisan : Siahaan, Komunikasi Pemahaman dan Penerapan, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1991
Widjaja, A.W, Pengantar Studi Ilmu Komunikasi, Rineka Cipta, Jakarta, 1999)

4 komentar untuk "BENTUK-BENTUK PESAN"

  1. assalamu alaikum..

    mohon penjelasannya tentang ketiga bentuk bentuk pesan jika di hubungkan dengan konsep ilmu dakwah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman masukan,

      Menurut pemahaman saya begini kalo ke ranah dakwah
      jadi kalo Informatif anda memberikan ceramah dakwah hanya sekadar menginformasikan mengenai sesuatu, misal apa saja amalan baik atau buruk, atau puasa ramadhan itu tanggal sekian hingga tanggal sekian.

      Kalo persuasif, anda menggunakan nada atau penekanan pada ceramah anda sehingga orang itu bisa mengiyakan omongan anda, misal berbuat baik itu tidak hanya akan membuahkan pahala tapi juga orang yang anda baiki atau bantu, suatu hari pasti dia akan membalas kebaikan anda tersebut, begitupun sebaliknya.

      Nah untuk Koersif ini agak keras, kebanyakan bersifat ancaman, dalam dakwah anda bisa mengaplikasikannya ketika menerangkan surga dan neraka, bagaimana di neraka itu disiksa, jadi anda bisa meyakinkan orang untuk tidak berbuat negatif.

      Itu dari pemahaman saya sih, apabila ada kekurangan mohon dimaklumi

      Hapus
    2. Bagaimna sih bentuk dan model pesan informatif dan positif??

      Hapus